Monday, March 07, 2005

Saree

Pengen upadate, tapi bingung mo nulis apa.... Hehe, abis hari-hari rasanya berjalan biasa-biasa aja. Gak ada yang menarik buat ditulis. Eh, kebetulan kemaren sempet chatting sama seorang teman yang tidak mau disebut namanya ;-p. Dia nanya cara make saree gimana. Doooh, serasa aku ini master segala sesuatu yang berbau India. Padahal baru satu setengah tahun jadi nyonya India. Sok taunya......hehehehe

Aku jadi browsing gambar nih, karena gak mungkin aku ambil foto diri sendiri atau minta Uppa meragain.. (hehehe..). Aku sih kepengen sekali pake saree, abis cantik dan feminin sekali. Cuma perut kan jadi kemana-mana... tak mungkin la yaaah... Punya bahan saree aja aku nggak. Setiap mo beli sama Uppa ditanyain, mo buat apa... sari itu susah banget makenya. Sama susahnya belajar malayalam. Kalo udah bisa bahasa malayalam, baru deh bisa make saree.... Duh, si Uppa, kan kepengen punya... masa' tinggal di India saree aja gak punya....

Nah, temanku sayang, cara makenya gini nih. Aku sendiri belum bisa rapi sih... Repotnya setengah mati. Bikin badan keringetan...
  1. Pake dalemannya dulu, atasan (kalo muslim yg pake saree disini biasanya lengan panjang dan perut gak keliatan) sama petticoat/rok daleman yang diikat kuat bagian pinggangnya. Jangan pake yang karet, karena kalo ntar melorot kan gak lucu. Ambil ujung dalam saree (pastikan panjangnya saree sampe lantai) trus diselipkan di petticoatnya biasanya bagian depan tapi suka-suka aja sih.
  2. Putarkan kain saree mengelilingi badan satu putaran. Ambil ujung yang lain. (jadinya lingkaran longgar gitu)
  3. Biar mudah, mendingan ujung yang bakal disampirin dipundak langsung ditaro di pundak, sesuaikan panjangnya sesukanya.
  4. Ambil sisa kain dan tarik ke bagian depan, trus yang bagian pinggang, rapatkan.
  5. Mulai lipat kain seperti bikin wiru kalo di indonesia, cuma ukuranny lebih lebar. Sekitar 5 inci. Lakukan sampe kain habis.
  6. Pastikan arah lipatan yang paling luar munghadap ke kiri, trus rapikan.
  7. Selipkan seluruh lipatan kedalam petticoat bagian depan.
  8. Selesailah step by step memakai saree. Bagian yang dipundak dibiarkan menjuntai ke bagian lengan seperti memakai selendang. Atau supaya lebih rapi dan nggak ngeribetin, biasanya kainnya diwiru juga trus disampirkan. Biasanya cara ini yang dipake buat sehari-hari.

Yak begitulah teman, mudah-mudahan bisa langsung di praktekin. Keliatannya gampang. Tapi bener deh... susahnya minta ampun. Tapi hasilnya.... cantik.


klik gambar untuk memperbesar

16 comments:

Anonymous said...

jadi keingetan temen gw. suaminya susah payah bli saree en belajar cara pake saree ma org india asli. setelah sampe indo, selesai ngajarin istrinya pake sari dia nanya 'jd gmn, udah bisa pake sari?' kata istrinya 'udah deh, ntar terserah tukang jaitnya mau diapain'. intinya : ribet, hehehe....

ris-SAN-iel said...

Lis, bahan saree kan bagus2 ??
Dulu aku pernah beli pas di Jkt, dibikin rok pesta panjang, bagus bangettt...duh jadi pingin punya lagi...pdhal yg dulu itu masih ada (aku bawa) tp udah ngga muat hehe

Anonymous said...

Assalamu'alaikum.. MashaAllah.. jadi terharu nich Lis... kamu sempatin ngajarin aku cara pakai Sari.. Jazakillahu Khairan ya.... Plse keep in touch..

Anonymous said...

temen kantorku yang dari india ada beberapa, tapi yang suka dibawain saree tuh paling sekretaris ..:( bagus lho saree dijahit jadi model baju2 pesta.. aku jadi kepengen punya juga nih he..he..

Anonymous said...

waktu di Delhi, aku pernah dipakein saree ama yg jualnya. dia bilang "beautiful madame.. why don't you buy one".. huehehehe.. beautiful sih emang guenya aja (huek.. pede banget si yanti ini). tapi saree yg dipakein harganya 1800 rupees.. mana kebeli. akhirnya daku beli di toko lain yg harganya 600-an.
duh jadi pengen ke delhi lagi.. khusus buat belanja tekstil.. hihihihihi..

Anonymous said...

Keliatannya emang cantik ya, tapi kalo aku yg pake teuteup aja nggak pantes. hehehe :D

Zubia and Yusuf's Mom said...

saya dah bisa mbak hehehehe, emang feminin sih, tapi saya lebih suka pake shalwar qameez:-D lebih nyaman..
Terimas kasih doanya untuk zubia yaa...

Anonymous said...

iya bagus banget Lis, pake batu2 gitu... warnanya soft lagi, jadi nggak ngejreng bgt.
klo aku dulu diajarinnya, bagian depannya diwiru dulu, baru dipake ke badan.
tapi sama kayak mbak Dwi, aku juga lebih suka pake salwaar-kameez, simple dan nyaman. klo ngeliatnya sih emang seneng ngeliat yg pake saree, lebih anggun & "india banget" :D.
speaking of SRK, kemaren Kabhi Khushi Kabhie Gham diputer ulang di Indosiar. huhuhu... masih teuteuuuup aja cakeup :D

Anonymous said...

Bukan lisa yg pernah janjiin foto tapi liza yg satunya. Tapi nggak nolak juga kalo dikirimin heheheheh, cantik ya busana saree.

Reti said...

Duh, jadi pengen pake saree, eh.. dipakein aja deh, ribet kayaknya ya kalo make sendiri, ntar salah model :)

Anonymous said...

moenk:
perasaan...kmrn2 dah koment jg deh ttg saree..kok gak ada yah? *ngetuk2in jari di meja* :D
oh inget! *lampu ON* tring...wkt kasih koment, stlh itu kompi ane hang ! :)) hwahahahaha...maluwwnaaa...btw,..mung jg punya saree di buat model baju muslim, dipake buat lebaran th 99, ehh pas nikah di jpn th 2000, mau resepsi di resto India, ane gak tau mau pake baju apa..*kimono, nggak la yaw!* ya syud..pake baju lebaran taon maren...hehehehe malah bnyk yg nanya2...itu baju penganten model daerah mana? hihihihihi...kebetulan di tempat resepsi itu, ada boneka india yg warna bajunya sama dgn yg mung pake saat itu, orange!
ini koment apa tugas mengarang dari guru yak? hwhehehehehhe

Anonymous said...

allow, salam kenal ya mbak. eh chochin tuh daerah mana sih?jauh ga dari new delhi? aku punya temen chatting asl dehra dun,
eh mbak pingin curhat neh, masih masalh india juga sih, he.....
bleh minta alamat emailnya?biar lbh leluasa curhatnya.......
please....................

BrIGitTe_MiTzUkY said...

Ass,kak bisa gak kakak kirimi donk cara memakai saree dan gambarnya ke email saya di curly_brigitte@yahoo.com
please....kak saya pengen banget nyoba praktek kn nnti.....tp kak baju dalamanya seperti apa contohnya dan rok/celana lapisnya yang kakak maksud contohnya yang seperti apa ya kak??trz saya gak tau pasti ukuran pnjang kain saree ku 2 nya ada mngkin 2m atau 3m.....bgmn tuch??bingung karena hanya kainnya saja......please bantuin yach kak_^

Unknown said...

hello,,, dmn bsa beli kain sari yg udh siap pake? coz aq mw pake nih d malem ladies night ku... bentar lg mw merid.,, so lease bantuanx??????

hesbyrashid said...

hmmmm,by the way tenteng saree,aku juga punya nih ,tapi gk tau cara pake nya,sampe sampe liat liat di youtube ., how to wear saree.ehh ,kayak nya bisa sih ,tapi mulai mencoba eh ribet juga nih,yah maklum x mungkin karna aku kurang sedikit tinggi ,jadi ribet bngt,,aduh giman nih cara ngatasi oarng pendek pingin pake saree hehehehh

Unknown said...

Hai mbak,, saya mau tanya,, saya baru jait saree india tp mdel yg bwhnya kembang gt trs buat sareenya biasa panjang dgn lebar brp tuh ia mba kira2,,