Friday, March 11, 2005

Fitnah oh fitnah....

Duh... duh...
Baru dua hari yang lalu aku maen-maen ke forum blogfam dan baca kasusnya Dayu yang difitnah sama orang yang gak bertanggung jawab.... memakai account Dayu di blogspot yang kebetulan sudah kosong untuk kasih komentar di blog lain. Waktu itu aku gak bisa ngebayangin, gimana keselnya Dayu difitnah kayak gitu.

Taunya, kemarin aku malah mengalami hal yang sama. Difitnah. Memang medianya lain. Kebetulan aku member dari sebuah milist yang anggotanya adalah teman-teman mahasisiwa yg berasal dari kota asalku. Dua minggu terakhir ini kita berdiskusi tentang sebuah topik. Layaknya sebuah diskusi, perbedaan pendapat pasti ada. Dan Insha Allah, pendapat yang aku sampaikan sebisa mungkin menggunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung orang lain. Dan pada saat itu aku yakin banget, bahwa diantara kita amat sangat terbuka menerima segala masukan yang ada.

Ternyata oh ternyata, di balik kebersamaan yang (aku kira) kita miliki, ada yang tidak setuju dengan aku. Insidennya dimulai ketika pagi hari aku mengecek email di milis tersebut, dalam inbox-ku ada seseorang bernama Agus Suhendar yang mengirim email dengan subject "Lisa...pa kabar" sebayak kira-kira 15 emails. Ketika aku coba delete email-email itu, jumlahnya malah berlipat-lipat. Terakhir aku cek.... totalnya mencapai lebih dari 1150 emails...!!! Bener deh, gak ngerti apa maksudnya... Sebelnya lagi, alamat 'sender' dari emails itu alamat aku sendiri.

Sorenya aku chatting dengan moderator milist yang kebetulan adalah teman sekelas waktu SMA dulu. Aku ceritakan insiden pagi hari itu. Aku tanya kok bisa sih ngirim emails beratus-ratus gitu cuma dalam hitungan detik doang. Dia yang kebetulan orang IT bilang mungkin saja karena ada programnya. Yang jelas bagiku... ada yang berniat gak baik nih...

Saat itu juga beliau ini membeitahukan bahwa ada email yang aku kirimkan di milis bernada sangat tidak sopan dan menggunakan kata-kata kotor. Aku jelas kaget. Aku gak merasa pernah mengirim email semacam itu. Semuanya jadi terang deh... kemungkinan besar pelakunya sama juga dengan yang mengirim 1150 emails. Mungkin maksud dia adalah memenuhi inbox-ku jadinya aku gak bisa menerima email fitnah yang dikirimkannya atas namaku. Dengan begitu akan menghalangi aku untuk tau soal ini dan membuat klarifikasi. Alhamdulillah, Allah tidak suka dengan orang yang punya niat buruk yaaa... Hanya 7 jam dari saat email itu dikirim, toh akhirnya aku tau dan bisa memberikan klarifikasi. Dan akhirnya email tersebut dihapus oleh moderator, dan aku membuat account baru.

Aku sama sekali gak tau maksud dia ini apa... Apa karena sebagian besar anggota yang ikut berdiskusi sependapat dengan aku...? Gak ada yang bisa aku lakukan selain beristighfar. Ya Allah mohon ampun kalau diri ini pernah menyinggung orang lain. Manusia itu tempatnya salah, walau aku pikir aku sudah berbicara sebenar dan sesopan mungkin, tetap saja mungkin ada orang yang tidak suka atau tidak setuju... Tambah pelajaran hari ini :-)

Duh, jadi rada-rada ngeri nih beraktifitas di dunia maya. Abis kejahatan dunia maya ini juga beragam sih. Jadi takut nge-blog hehehe... Takut ada postingan yang aku bikin menyinggung pihak lain, walau Insya Allah, gak ada sama sekali niat aku berbuat begitu. Jadi sebelum telambat ah... dengan kerendahan hati, kalo selama ini aku punya salah... mohon dimaafkan yah :-)

7 comments:

Anonymous said...

Duh mbak Lisa, syerem banget baca postingan mbak Lisa yg ini.Mudah2-an org kayak gitu bisa segera insyaf dech sebelum banyak yg jadi korban :(

Anonymous said...

Hi Lisa. Thanks udah mampir ke blogku.
Di India gimana Lis, panas ngak? Aku banyak temen india di sini *vancouver* mereka bilang disana panas yah; sama ngak dengan panasnya jkt?

Komen ttg pemfitnahan itu yah: emang gila ada aja orang suka bikin jahat gitu. Dulu tuh ya ada lho orang yang dateng ke blog para bloggerians trus maki-maki ngak jelas tapi dia ngak ninggalin urlnya. pake nama palsu lagi.

jengnadnet & isya-ayya said...

Lis, didoain aja itu orang, insyaAllah dia nggak punya niat lain dr sekadar "iseng"..aa' Gym bilang kan, sikapi sgala sesuatunya dgn sikap terbaikmu ;-) insyaAllah ada hikmahnya kan? btw si Uppa dikasih tahu gak? hehehe

Zubia and Yusuf's Mom said...

wah mbak Lis, jadi serem nih bacanya...kadang suka heran kok ada ya orang yang aneh aneh kayak gitu. Apa ndak merasa berdos agitu ya mbak, merugikan orang lain. ampunm deh...mungkin nuraninya sudha tertutup tuh mbak...

Hani said...

iya tuh, kasihan deh si dayu dikerjain orang. mana ibu dan adiknya khan lagi sakit.

mudah2an lisa sabar ya. selalu ada hikmah dibalik setiap kejadian :)

Anonymous said...

sabar ya lis... org2 spt itu ngerasa pinter krn bisa ngerjain orang. padahal apa artinya ilmu tanpa perilaku yg baik ;). alhamdulillaah udah kelar masalahnya. jgn takut untuk tampil di dunia maya, asal kita juga tetep waspada dalam menjaga hal2 yg bersifat pribadi ;).

Lili said...

Innalillahi wainna ilaihi roji'un. Aduh aku jadi takut juga yah. aku benar2 baru nih di dunia maya kayak gini. kalau begitu gimana yah proteksinya? mudah2an terus di lindungi Allah yah kita semua.