Monday, March 28, 2005

English man in New York

Hehehe.. judulnya keren yah... Aku memang bukan English man, apalagi di New York. Tapi pernah gak sih ngerasa jadi alien (Ooo..itu to maksudnya...). Pengalaman yang bikin kesel hati.. kadang bikin ketawa... kadang bikin heran.

Hidup dalam lingkungan yang berbeda, apalagi beda negara emang butuh kesabaran yang gede ya. Dulu sebelum nikah sempet mikir... ah, India kan gak beda-beda banget sama Indonesia. Budaya Indonesia apalagi Jawa kan banyak terinspirasi dari budaya hindu yang dibawa dari India. Kayaknya gak bakalan susah-susah banget buat adaptasi sama kebiasaannya. Taunya... duh, sampe sekarang kadang masih bikin aku stress.... Padahal udah mau dua tahun nih Agustus nanti. Tapi tetep aja susahnya... Atau akunya aja ya yang gak bisa beradaptasi...

Yang bikin aku suka gak tahan banget-banget itu keinginan mereka untuk sesegera mungkin meng-india-kan aku. Sejauh pengalaman aku selama ini, sepertinya orang di sini rada susah nerima perbedaan. Semua harus sama dengan mereka dan kalo ada yang beda sedikit bisa dianggap sesuatu yang salah. Kalo di Cochin sendiri gak terlalu bermasalah sih. Mereka lebih open minded, dan gak segan berbahasa inggris buat ngobrol. Lain cerita kalo pas kita pulang ke rumah mertua. Dulu jaman aku baru dateng, ke mana pun aku pergi semua mata bakal memandang. Gak tanggung-tanggung, dari ujung rambut sampe ujung kali gak berkedip dan terang-terangan pula. Walau aku udah pasang senyum semanis dan seramah mungkin, gak pernah terbalas. Yang ada tatapan curiga seakan aku ini makhluk aneh dari planet lain. Rasanya jengaaaah sekali... Sampe-sampe mertua dulu pernah ngelarang aku keluar rumah karena bakal jadi tontonan. Padahal tampang cuma beda idung doang... hehehe. Baju aja sama pake shalwar khameez. Jauh-jauh hari Uppa dah ngelarang pake baju "Indonesia"-ku selama di tempat asal dia. Padahal aku ngerasa gak ada yang salah sama baju-baju itu. Semuanya nutup aurat.

Ada kejadian lucu, nyebelin dan bikin kesel juga waktu dulu aku sholat di Mesjid. Waktu itu aku pake mukena 2 pieces yang bentuknya tas kecil itu. Yang ada itu satu mesjid semua pada ngeliatin ke aku. Pertamanya sih bingung napa ini pada ngeliatin semua... Masa lagi di mesjid mau ibadah, sempet-sempetnya rese kaya gitu. Eh bener aja... mukena itu yang beda. Abis sholat semuanya pada ngerubung. Serasa topeng monyet banget....

Trus ada lagi... yang complain ke kita karena waktu nyebrang jalan kita gandengan. Sampe disindir... takut apaan sih, kok pake gandengan. Duduh, bukan maksud mo show off, kan reflek aja yah... orang mo nyebrang. Lagian ini suami sendiri yang aku gandeng. Gak ngerti deh... Nah yang paling baru.... Kemaren pas pulang sama Nasha, seperti biasa kan aku pake gendongan yang didepan itu. Eh, ada yang bilangin lagi. Kalo kesini jangan pake gendongan gitu. Katanya kesannya seperti mau diliat orang aja. Disini orang kalo gendong bayi ya pake tangan. Aduuuuuuh... mau marah rasanya. Sumpah bukan mau pamer (lagian apa juga yang mau dipamerin) . Kita kan pake gitu karena supaya gampang aja. Bayangin harus gendong Nasha sementara harus nenteng Tas bayi juga. Naek kereta, bis dll.... Pleaseeeee... Hanya demi memuaskan selera orang lain, terpaksa aku harus gendong pake tangan sementara Nasha gak berhentinya bergerak-gerak.

Aduh, mohon maaf kalo postingan ini kesannya curhat banget. Abis hati lagi kesel. Kenapa sih, gak bisa liat yang beda-beda. Bukannya Allah juga menciptakan manusia berbeda-beda?

13 comments:

Anonymous said...

Iya mba kadang kesel juga ya kalau orang²pada ngeliatin kita seakan²kita ini makluk aneh,mba bikin chi²ketawa "wong cuman hidung aje yg beda hahaaha,tapi keder juga ya kalau mulai dari mukena ampe gandengan tangan di pelototin jadi serba salah juga

Lili said...

Perlu kok Curhat, supaya plong. Sabar ajah, berarti kita kan teristimewa di negara sana. tul gak? sering2 mampir yah? Wass.

erfi said...

Waduh Lis, ngga nyangka lho aku kalo hal kecil begitu aja diperhatiin. Ngga heran kalo jadi jengah begitu, kebayang deh keselnya. Sabar aja ya Lis, siapa tau di tahun mendatang mereka juga pake gendongan bayi dan mukena yang sama spt yg Lisa pake. Ngga apa2 lah jadi trend setter hehehehe :)

Anonymous said...

Hehehe.. sabar aja ya Lis. kita bayangin bule2 kalo ke desa2 di negara kita, kadang mereka juga dapet perlakuan kayak gitu, diikutinnnn.... sama anak kecil2, dipanggilin, "Mister.. Mister" :D.

Elyn Sigit said...

Hi Lis, lucu juga curhatnya :) cuek aja lagi, siapa tahu mereka diam-diam kagum sama kamu ;)

House of Covenant said...

sabar..sabar..makanya rajin2 aja nulis di blog biar semua kekesalan keluar..

btw, jadi selama disana gak pernah pake baju indonesia yah.. waah..salut banget..gpp lah agak2 dipandang aneh dikit kan malah jadi ngetop..:)

Anonymous said...

wiwin
ya ampyun mbak Lisa..
ternyata diperhatiin bgt yah?kirain ga beda2 banget ma indonesia...
gpp lagi curhat di blog, biar bisa sedikit tenang, btw makasih ucapannyah..hehehe
smg betah2 ajah di india..

Fifie said...

Yang sabar ya Mbak Lisa....
Kalo siapa tau bisa memberikan pencerahan kepada mereka, bahwa ada budaya yang lain di belahan dunia ini. Salam untuk Nasha ya....

Anonymous said...

Wah Lis, perjuangan juga ya beradaptasi disana. Tapi kebayang sih, adaptasi dengan pernikahan aja gak gampang, apalagi di negara asing. Gue aja adaptasi tinggal disini kayaknya lumayan berasa gak gampang, pdahal waktu sma tinggal di negara yg sama kayaknya asik2 aja,..hehehe. Btw, pengalaman2 yg penuh perjuanagn itu asik kan nanti untuk diceritain ke anak dan cucu,..hihihihi,..:) Keep strong girl!

jengnadnet & isya-ayya said...

Lis, (prasaan tadi aku dah nulis panjang kok gak ada yah)..
gak usah beda bangsa..aku yg bugis masuk ke kluarga solo juga perlu adaptasi luarrr biasa kok hehe.
Sabar ya bu..insyaAllah ada pahalanya..nyenengin suami..nyenengin kluarga..walopun pake acara "dada kerasa berat" hehe..
satu lagi, curhat ke suami jg kayaknya penting loh, let him know what you're feeling..biar si uppa yg jd "bemper" kalo ada yg lg iseng mau meng"indiakan" dirimu ;-)..
kita doain dr jauh deh insyaAllah ;-)
/nadia

Reti said...

bagus kok curhatnya, buat sharing dan jadi tau pengalamannya kan... menarik banget. Jadi mikir, iya ya bener... ternyata susah ya, malah yg sepele2 gitu yg diperhatiin, hehe.. Go on, Girl!

Anonymous said...

Lisa..jadi pengen dengar deh gimana adapatasinya setelah sekian tahun di india. Sudah fasih pake saree kah ? atau sudah terbiasa dengan tatapan orang sekitar..?? Atau bahasa indianya sudah seperti air..?? :)

Anonymous said...

lucu juga nih curhatnya.. berrati sekarang dah fasih make bahasa malayalam donk...mbak kalau di daerah calicut kayak mana?mau nerima perbedaan nggak ya?