Tuesday, March 22, 2005

Pahlawan tanpa tanda jasa

Ada cerita menarik buat aku pas week end kemarin kita ke Trichy, tempat kuliahnya Uppa dulu. Sebelum kita balik ke cochin, dalam perjalanan ke Stasiun kita mampir ke tempat Uppa dulu ambil kursus VC++ sambil kuliah. Gedungnya kecil dan sempit. Ruang kursusnya ada di lantai 3. Cerita Uppa, kursus itu seharunya cuma 4-6 bulan. Tapi karena dulu Uppa suka badung, bolak balik absen dan pulang kampung melulu... akhirnya dia selesai dalam jangka waktu... 2,5 tahun. Makanya gurunya jadi sebel banget. Setiap liat muka Uppa langsung ilfil.. maunya naek darah melulu. Kalo Uppa ngerjain tugas, kertasnya langsung diterbangin ke jendela. Trus dia suka bilang didepan kelas, kalo mo kursus harus yang serius, jangan kayak Najid... Pas Uppa mau ambil kelas lain dia daftar bareng temennya, dia langsung bilang "kalo buat kamu bisa ambil, tapi gak buat Najid". Duh, kebayang kan gimana sebelnya dia sama Uppa. Tapi Uppa tau, kalo sebetulnya dia ini baik dan suka sama Uppa secara personally. Makanya dia pengen banget ketemu lagi sama gurunya ini.

Dia keliatan kaget dan seneng banget didatangin mantan muridnya. Sikap dia jadi hormat banget sama Uppa, termasuk sama aku. Sampe2 dipanggil 'Maam'. Duh, jadi gak enak deh kita. Trus dia dengan sopan sedikit maksa ^_^ minta kesedian Uppa untuk mampir ke kelasnya dan berbagi pengalaman. Kasih masukan pentingnya apa yang diajarkan dia disini. Soalnya dia bilang, muridnya suka gak percaya sama apa yang dia sarankan. Pas akhirnya Uppa bersedia (sambil agak-agak cemas ketinggalan kereta) dia keliatan sangat gembira. Jadi deh kita di bawa ke kelasnya. Sampe aku juga diminta maju kedepan kelas sambil gendong Nasha. Malu-maluin banget deh.

Aku jadi mikir... betapa berjasanya sebetulnya seorang guru itu. Murid dia udah banyak yang berhasil, dapet kerjaan bagus, Gaji yang gede. Ada yang kerja di US, atau Eropa. Tapi dia, tahun demi tahun berganti... masih setia mengajarkan materi yang sama kepada murid-murid baru yang datang silih berganti... tetap di ruangan sama, yang sempit dan panas itu.

Jadi inget cerita Mbak Lia, kakakku waktu dia pulang ke Bumiayu (kota kecil di Jawa tengah) tahun lalu. Disana dia ketemu dengan guru Bahasa Inggris yang dulu ngenalin aku dan Mbak Lia pertama kali sama bahasa Inggris. Metode yang beliau pakai ini kena banget deh sama kita Walau sumpe sampe sekarang bhs. Inggrisku masih belepotan kemana-mana grammarnya... hehehe (aku sebetulnya gak gitu tertarik belajar bhs asing... gak seperti mbak Lia). Pas ketemu, yang gembira banget justu beliau. Dan juga meminta kesediaan Mbakku buat kasih 'presentasi' di depan kelas dia... betapa pentingnya belajar Bahasa Inggris. Mbakku sampe terharu banget lho..

Mungkin kalo dipikir-pikir, yang beliau ajarkan ke murid-muridnya, belum tentu dipake sendiri. Maksudku... seberapa besar sih kemungkinan memakai English dikota kecil, kalo nggak pas pelajaran. Malahan mungkin murid-murid beliau sekarang lebih jago berbicara dalam bhs. Inggris.... Hmmm...

Gak ada yang lebih membahagiakan bagi seorang guru, selain melihat keberhasilan murid-muridnya. Dan mengetahui bahwa apa yang pernah diajarkannya berguna bagi masa depan mereka.. Bener gak.. :)

9 comments:

frufundersam said...

sa, ngomong2 disana dikau blajar bahasa india ga? ato udah jago nih ;)

eh kog jadi ngomongin bahasa india, ada hubungannya ga nih he he he... ada dunk ya :)

Hani said...

orangtuaku guru lis, sampai sekarang murid2nya masih suka kontak mereka. kaya'nya tuh bakat ngajar nurun ke aku deh...hehehe

alhamdulillah, kabarku baik. sengaja nggak posting baru krn biar pada baca pengumuman origaminya itu dulu :)

House of Covenant said...

hiks..hiks.. jadi mellow nih inget ama dosen2 yg sering gw gosipin..

btw, lis..gak ngerti yah kenapa blognya susah dibuka...terlalu berat file-nya kali ya.. ntar deh klu sempet aku nguprek2 leot lagi :) tengkyu ya..

Anonymous said...

sang guru..duh jadi inget guru2 sd, smp, sma...

kayanya menoreh banyak kenangan...

soal bahasa...aduh...inggrisku udah kacau balau nih..:(( campur aduk jerman gak jelas...huah..huah..abis gak pernah dipake..kecual ibuat baca..:((

sun sayang buat nasha. kapan maem solid food nih??

-ari-

Anonymous said...

Huhehehe kebayang si uppa dulu badung yah Lis.

Lis, kamu bisa bahasa Hindi dong yah disana. Aku taunya apa yah paling Meranaam...., terus apalagi yah.. palingan kuch-kuch hota hai (huhahahha apa sihh gw jadi kuch-kuch begitu)

*mluncur ke blog nasha dulu ahhh*

Anonymous said...

emeng bener, tapi kenapa jarang yg punya cita² jadi guru ya? Malah kebanyakan pengen jadi insinyur. :D

Elyn Sigit said...

lis, itu aku utak-atik lho kok ilang? :( kalo photo nunggu misua soale emaknya tafta gaptek :D

danty said...

dari kecil aku kepengen banget jadi guru mbak, emamng mulia banget kerjaan yang satu ini, kebayang guru2ku dulu jadi pengen reuni lagi

jengnadnet & isya-ayya said...

huaa..jadi keinget sama guru bhs inggrisku pas smp..2 orang, ibu2, jago2 basa inggris (yg beneran cas cis cus lengkap dgn brit aksennya)..Beliau berdua ini yg bikin aku smangat & tertarik banget ngomong inggris yg inggris, bukan singlish hehe (soalnya aku dulu smpnya di batam Lis, pengaruh dr spore kan gede banget).