Friday, August 05, 2005

Makan di Hotel

Seberapa sering Anda makan di hotel..? Bulan-bulan pertama saya di Cochin, hampir setiap hari saya ke hotel untuk dinner. Eiits, jangan salah sangka dulu... Kedengerannya emang gaya banget makan malam aja ke hotel melulu. Yang kebayang oleh Mama saya dulu saat saya menceritakan bagaimana mengatasi perbedaan soal makanan.. ya pastilah harus mengeluarkan uang beratus-ratus ribu kalo setiap hari makan di hotel. Barulah tertawa geli begitu tau yang saya maksud.

Yang namanya Hotel di Kerala ini tidak selalu berarti gedung bertingkat tempat menginap, yang juga terdapat restoran tempat makan.. yang tentu saja biasanya harganya lebih mahal dari tempat lain. Walau di Cochin ada banyak hotel-hotel berbintang... tetapi jika kita menyebut di hotel, itu berarti tempat untuk makan yang bisa berarti restoran ber-ac atau sekedar warung setaraf warteg. Yup, betul... hotel di Kerala berarti rumah makan. Jadi jangan kaget kalo datang ke sini trus menemukan sebuah warung kecil berisikan 4-5 meja bernama Hotel Hilton... Hehehee....

Bedanya dengan di Indonesia... kalo kita mau makan bakso kita ke warung ini... mau mie goreng, ke yang itu... mau soto, ada warung soto... nasi uduk, sate kambing, lontong sayur... Setiap rumah/warung makan punya hidangan yang istimewa andalannya... Di Kerala ini, ke hotel manapun kita pergi, menunya seragam. Sama sekali gak ada pilihannya. Untuk makanan pokoknya... macam2 roti India : chappathi, porotha, pathiri, appam, putu, naan... yang makannya pake Chicken, Beef, Mutton, Fish atau Vegetable yang di bikin Curry atau Masala. Buat hidangan specialnya pasti Biriyani. Trus sebagai menu Chinese Food-nya (yang rasanya sama sekali gak ada cina-nya) Mie Goreng dan Nasi goreng. Hampir semua hotel menyajikan menu yang sama.

Trus kalo mau makanan western... datanglah ke Bakery. Yang paling ngetop di sini namanya Best Bakery dan K.R Baker (ini nih.. tandoori chickennya wueeenaaaak...). Di Bakery biasanya menyediakan burger, pizza, puffs, pastry, sandwich ... yang semuanya tentu saja bercita rasa India... dan berbagai Indian Cakes & Sweets.

Dulu sih, saya sempet kaget dan heran, waktu Uppa bilang nanti gak usah masak.. kita makan di hotel. Wah, ada kejutan apa.. dapet bonuskah dari kantor... Ternyata malamnya saya dibawa ke warung makan deket rumah... hehehe. Waktu Uppa dan kakaknya di Jakarta, kita sempet ke gedung WTC di jalan Sudirman. Pas banget waktu makan siang... trus kakanya Uppa bilang, ayo kita cari hotel. Sumpah banget waktu itu saya gak ngerti maksudnya apa... karena Hotel Le Meridien ada di depan mata... langsung aja saya tunjuk... Tuh..!!! Langsung aja ipar saya itu memandang saya seakan-akan saya ini cewe matre... hehehe. Belakangan saya baru paham apa maksudnya... ;-p

15 comments:

Anonymous said...

wah iya mak bener, pertama ke mumbai gw kaget banged liat banyak 'hotel'. heran juga, judulnya hotel kok gak mirip hotel, malah kaya losmen. taunya restoran hihihi....

Rahmi Sukma said...

Wah klow begitu deket rumah saya juga ada hotel. He...he..
Klow hotel beneran disana namanya apa ya Lis? Bukan restoran kan? He...he...

bibipbondry said...

alamak mau dong ke hotel tante hehe...

Anonymous said...

wihh... hotel bukan untuk nginap yah, cuman makan saja? kebayang deh kalow di ajak ke hotel, bayangannya dah kemana2, padahal mo di traktir makan, heheh...

L. Pralangga said...

Wah, berarti nggak boleh nunjuk hotel gedongan dulu yah? :), Kalau disini warung namanya "business center" - jauhlah dari kesan business center di kebanyakan hotel di Jakarta.

Kalau gubuk sekelas warteg - dipanggi Food Center :)

Kapan main ke Monrovia?

Pipin said...

halo lisa, udah cocok yah dengan masakan (hotel) india?
lucu yah, jadi ngerti deh kalo hotelnya india beda... hehe...

btw, sejak baca komen lisa ttg awan, sampai sekarang setiap keluar rumah pasti nyempetin liat awan, kali-kali bisa dapet 'anugerah' spt lisa... hehe...

Anonymous said...

Saya senyum2 sendiri baca postingannya, tapi ngiler juga pengen makan putu ama curry.. ke hotel aja kali yee.. jadi gak perlu masak hehehehe..sun sayang buat Nasha yaa

W said...

ayuuukk yuuuukk ke hotel.. hihi.. matre juga gw. hotel tegal maksudeee, bukan warteg deh jadinya tapi hotteg. :-D
weeesss banyak banget tu jenisnya roti india. yg enak dan gampang yg mana, lis? postingin resepnya dong. gw taunya mah standarr cuma chapatti ama naan doang. mmmm... enakk..
eh gw beli pappadums instan di toko. tinggal dimasukin microwave 1 menit (males nggorenggg), eh enak juga loh, mana yg pepper lagi, gilakkk pedesnya bikin gw nangis. padahal makan dikit doang loh.

Lia said...

Hehe...jadi buat Anniversary besok hotel mana lagi jeng?
Btw, Thanks untuk ucapan dan doanya ya Lis...insya alloh banyak juga doa yang baik untuk keluarga Najid:)

ditunggu liputan pesta hotel berikutnya:)

danty said...

wah sama dong kayak "hotel" disini mbak makanan yang dijual itu2 aja sandwich, chips gak ada lain, aku lebih suka hotel yang di Indonesia sajalah.

Anonymous said...

istilah yang sama tapi jadi beda makna banget ya...

sering keliru gitu sama temen2 yang dari melayu...misal..pengacara ..:)) yang buat kita yah..lawyer..tapi buat mereka..pembawa acara..

jauh..jauh..sama kaya warung, rumah makan..dan hotel??? :)

lis..iya nih lagi males update..pa kbr??? *hugs* kangen nih..:)

-ari-

Anonymous said...

Lis, apa sih bedanya chapatti sama naan, roti paratha, dll itu sih?

Anonymous said...

hi..hi..lucu juga yah, trus kalo yang bener2 hotel kayak le meredien gitu disana sebutannya apa?

Lili said...

Lucu yah di negara lain bisa beda arti gituh.
persis kayak KERETA kalau di KL artinya mobil lah kalau di Jakarta artinyakan Train, kereta yah kereta..nah kan jadi bingung.

Met makan di hotel yah Liz, BTW kira2 hotel2 di Kerala sudah berlabel halal belum yah? Insya Allah.

Bunda Lyla said...

wahahaa..baca critamu ini Lis. Saya langsung bilang ke boss traktir lunch di hotel dong! karuan temen2 yg denger nyengir miring.Boss malah heran kok saya ngerti istilah itu.hehehe...mayan punya koleksi istilah baru. thanks yo Lis.