Wednesday, April 06, 2005

India VS Pakistan

Waduh, judulnya bikin panas... hehehe. Nggak kok, ini bukan ngomongin konflik politik dan perbatasan India Pakistan yang gak selesai-selesai. Basi banget. Ini soal pertandingan Cricket yang jadi favorit di India juga di Pakistan. Sabtu minggu lalu, di Jawaharhal Nehru Stadium, stadion internationalnya Cochin, digelar pertandingan bergengsi taraf internasional antara India dan Pakistan. Pertandingan itu merupakan pertandingan pertama dari seri kunjungan Pakistan di India piala Pepsi (kalo gak salah :D). Pertandingan selanjutnya akan diadakan di kota-kota lain.

Cricket ini emang ngetop banget di India (kalo di kita, sepakbola kali ya). Kalo ada pertandingan di TV, udah bisa dipastikan jalanan jadi sepi. Semua pada nongkrong di depan TV. Kerja juga gak konsen, bolak-balik ngecek di internet, skor berapa... (aku tau pasti, karena Uppa juga gitu... hehehe). Kalo kita ke pusat pertokoan atau perkantoran.. biasanya orang pada bejibun ngeliatin TV gede di toko elektronik yang sengaja dipasang pemiliknya buat memuaskan hasrat pencinta cricket. Yang paling sering ya kalo lawannya Pakistan atau Australia.

Makanya pas Cochin mendapat 'kehormatan' untuk jadi venue pertama seri ini (terakhir kali tahun 1987) semua pada antusias. Tiket udah sold out jauh-jauh hari. Bahkan banyak yang dateng dari jauh naek kereta semaleman demi hadir di stadion. Kapan lagi bisa melihat jagoan nasional mereka bertarung secara live..!!! Histeria dimulai di Airport pada hari kedatangan kedua team. Penuh, semua pengen melihat langsung Sachin Tendulkar & Sourav Ganguly Cs, serta Inzamam Ul-Haq Cs. Hotel tempat mereka nginep juga rame. Para penggemar mulai dateng ke stadion pas team mengadakan latihan menjelang pertandingan. Pas hari H, seluruh kota sepi... Semua penduduk kota, kalo gak di stadion ya di depan TV.

Bagaimana dengan Keluarga Najid? hehehehe... ternyata kita tenang-tenang aja di rumah. Selain emang gak beli tiket karena udah sold out (padahal karena mahal ;-p) kita juga gak punya tipi... hehehee. Udah gitu Uppa juga harus ngantor. Tapi tetep aja dia bolak-balik ngecek skor. Dan sorenya pas kita keluar jalan-jalan sebisa mungkin menjauhi area stadion karena udah pasti macet abis pertandingan.

Aku sendiri gak ngerti peraturan permainan Cricket. Udah di jelasin berulang kali tetep gak mudeng. Satu-satunya yang aku tau pasti Cricket itu lamaaaaa banget. Dimulai jam 9.30 pagi dan selesai 6.30 sore. Mana tahaaaaan. .

Eniwei, Stadion Cochin emang konon stadion keberuntungan India. Pertandingan Sabtu kemaren akhirnya dimenangkan dengan gemilang oleh India. Ini kemenangan terbesar dengan perbedaan wicket yg cukup gede (jangan tanya wicket itu apaan yah, gak ngerti!) dalam sejarah India melawan Pakistan saat India jadi tuan rumah.

Ternyata cricket juga bisa menurunkan ketegangan antara India-Pakistan lho. Para anggota team kedua negara udah terkenal sebagai duta perdamaian kedua belah pihak. Pas tahun lalu India bertanding di Pakistan, kedua anak Rajiv dan Sonia Gandhi yaitu Priyanka dan Rahul datang ke Pakistan buat nonton. Tahun ini giliran Bilal putra dari Presiden Pakistan Pervez Musharraf yang berkunjung ke India buat nonton pertandingan. Lets Make Peace not War !!!

12 comments:

Rahmi Sukma said...

Aku juga kagak ngerti... apalagi kalo mainnya ber jam-jam. Kali kayak candu sepak bola ya... Aku pernah KKN di Purwakarta, kalo lagi musim pertandingan sepak bola ada yang taruhan membotakkan kepalanya segala... Disana gmn Lis?

oetjy said...

wahhhh, uppanya nasha sama ama papanya echa. melototin net terus liat skor. dan mamanya nasha jelas kayak mamanya echa, yang gak bakalan bisa mudeng biar udah dijelasin berkali2 tentang cricket.. hehehe.

Anonymous said...

aduhh...gag tau deh musti komen apaan. abis emang gag ngerti gimana cara maen cricket hehehe...norak deh saya..

Anonymous said...

Cricket ? no comment ! kalo bola, hayoo aja hehehe.. btw itu photo bakso makin hari makin ngegemesin aja :D ..Sun sayang untuk Nasha yaa

Elyn Sigit said...

cricket itu saudaranya kroket bukan sih lis :))

Anonymous said...

wah baru ngerti cricket stlh baca postingan ini hi..hi..

Zubia and Yusuf's Mom said...

hehehe, saya tahu tuh mbak betapa seru dan menariknya pertandingan India-Pakistan:-D Suasana di Cochin persis terjadi di Munich, persisnya antara daddy dan para koleganya yang India hehehe. Kalo Daddy sih, sudah jarang lagi terlibat kriket, entah maen benerannya atau sekedar nonton pertandingannya:-D Kalo koleganya orang India, wah mereka sampai mbentuk team kriket gitu, trus maennya seminggu sekali :-D

Wis, nyang penting memang peace..peace..peace:-D

Hani said...

wah, aku baru abis nonton film india judulnya lagaan di rcti (tumben2nya nih :P), ceritanya tentang bagaimana sebuah desa di india yang mempertahankan wilayahnya agar tidak dinaikkan pajak oleh kolonial inggris dengan cara bermain cricket, seru lho lis.

tapi nggak bisa ampe abis, soalnya diprotes anakku, dia bilang "lho kok ibu nonton filmnya mbak mis, film india khan filmnya mbak mis"...hehehe. (mbak mis ini orang yang bantu dirumah) :)

erfi said...

Gw sih lumayan ngerti sama cricket tapi cuma mau nonton yg 1 day series. Kalo yg test... no way baby lah yaw.. lama banget.. Dan gw nonton kalo Aussie yg main dong.. abis dulu diracunin sama pacar (skrg udah suami :))

Kalo diperatiin lumayan seru lho lis cricket itu :P

jengnadnet & isya-ayya said...

*garuk-garuk kepala...*
Lis, serius nih dirumah nggak naruh tv gitu?
/nadia

Anonymous said...

swami tuh swami guweeeehhh.. demen banged ama cricket...

gw ampe ketularan jadi hapal semua nama pemaen, baek australia mopun dari luar.. termasuk india pakistan dah.. hehehe...

gw paling demen ngeliat captainnya pakistan... sapa tuh, tendulkar yak... jagoan dah.. :)

tapi gw lebih demen ama captainnya australia doonk... wehehehe... ;D

astri
http://keluarganugraha.net

Anonymous said...

kriket...dulu jaman sma nih paling 'berimaginasi' soal olahraga satu ini..

kebanyakan baca cerita yang ada kriketnya..

tapi selama itu???wah betah banget yak didepan tv...:P

pa kabar lisa??nasha??
-ari-