Monday, April 18, 2005

Cara lain mngolah Singkong.

Karena aku juga lagi bingung mo apdet apa... hehehe, jadi ikut-ikutan deh mempersembahkan menu dari dapur kami. Menu ini baru aku pelajari sesampai di India. Patut dicoba lho..

Kappa Indiahe...

Bahan:
1 kg Singkong yang bagus
1/2 butir kelapa parut
3 siung bawang putih
2-3 buah cabe hijau (sesuai selera)
2 spring daun kari (gak tau deh, gantinya apa)
1 sdt/secukupnya garam
1/2 sdt kunyit bubuk
daun ketumbar secukupnya

Cara membuat:
  1. Kupas, cusi dan potong kecil-kecil singkong. Kemudian direbus dengan air secukupnya. Jangan sampe singkongnya berenang. Cukup sampe semua singkong terendam aja. Tutup panci selama merebus.
  2. Sementara itu haluskan kelapa parut, bawang putih, daun kari, cabe hijau, garam dan kunyit bubuk dengan blender. Tambahkan air sedikit saja.
  3. Setelah singkong empuk dan air rebusan berkurang, masukan kelapa mix. Rebus kembali hingga meresap dan agak kering (api kecil).
  4. Matikan api, selagi panas hancurkan singkong dengan menggunakan sendok. Taburi dengan daun ketumbar cincang.

Nah, biasanya Kappa ini di makannya sama Beef Curry atau Fish Curry. Tapi kemaren aku pasangin sama Prawn Curry, kata Uppa rasanya okeh banget. Walau menurut aku sih rada lain aja gitu... Tapi kalo mo nyoba makan ala Kerala.. boleh kok dicoba...


2 comments:

Anonymous said...

Pengen nyobain ah, kayaknya semua bahan ada di fridge, tinggal beli singkongnya doang.. hasilnya nanti ta' laporin ;)

Anonymous said...

mba lisa bahasa urdhu/hindinya singkong apaan? aku pencinta singkong goreng nih sama combro ;)
//yourmuslim.blogspot.com