Thursday, February 24, 2005

Rules for Blogging versi Uppa.

Kemaren jadi kembali kepikiran, sebetulnya apa alasan pertama kali aku mulai bikin blog 3 bulan yang lalu. Gara-gara beberapa hari lalu baca cerpen-nya UmmuNida "Erupsi Blogspot".... Hati ini yang tadinya ngelantur kemana-mana jadi seperti 'disentil'. Ditambah lagi pernyataan Uppa yang ngingetin aku tentang niat pertama pas minta izin buat nge-blog dulu...

Jaman aku hamil dulu, sering browsing resep yang kemudian membawa aku ke blog-nya Mbak Astri. Tadinya cuma mempraktekan resepnya... lama-lama jadi ketagihan mbaca catatan hariannya. Trus akhirnya kepengen punya blog juga. Mulai deh ngelobi Uppa supaya diijinin bikin blog sendiri. Alesannya antara lain biar bisa jadi kenang-kenangan kalo Nasha udah gede, nambah teman, etc.. Uppa berhasil diyakinkan, dan jadilah blog ini dan nasha buat versi Englishnya (walau rada maksa yaach ;-p)

Lama-kelamaan kok niatnya jadi ngelantur kemana-mana. Gara-gara kepengen blognya punya penampilan bagus kayak yang laen. Hmm... kepengen punya layout bagus (ini kan umum banget yah..) jadi sibuk utak-utik template melulu. Maunya blognya dikunjungi semua orang, maunya update tiap hari, maunya di link sama temen sebanyak mungkin, kemana-mana yang kepikiran gimana ya biar cerita ini bisa masuk blog...

Astaghfirullah...

Terima kasih ya UmmuNida... cerpennya membuat aku teringat kembali niatan awal aku nge-blog. Terima kasih Uppa, yang selalu ngingetin bahwa ada kerjaan laen yang nunggu dikerjain dirumah selain nongkrong di depan komputer melulu... (hehehe..)

Akhirnya kemaren Uppa mengeluarkan rules for blogging (berlaku buat aku saja) :

  • - Isi tulisannya gak boleh yang bersifat pribadi, atau yang bisa menyingung perasaan orang lain, gak boleh SARA gitu deeeh...
  • - Ada unsur informasinya, yang bisa ada manfaatnya buat diri sendiri dan kalo bisa orang lain.
  • - Ada unsur da'wahnya... karena ini tugas seluruh muslim (aduuh, berat banget..)
  • - Dilarang pasang foto yang telalu cakep takut ada yang naksir...(hehehehe..)
  • - Dilarang pasang foto orang lain baik itu sendiri atau bersama kita, kecuali orangnya gak keberatan buat dipasang. (Makanya jangan bosen kalo foto yang muncul cuma kita bertiga mulu yaak)
  • - Dilarang 'panas' sama isi blog orang lain...
  • - Isi blog boleh sebagai catatan harian (ini hasil tambahan aku sendiri yang akhirnya disetujui Uppa, hehehe...)

9 comments:

Anonymous said...

wah jadi terinspirasi seseorang yah mbak bikin blog hihi syukur deh mbak klo gitu sukses slalu sama uppa nya nasha yg cute itu huhuhu dilarang protes :P

Anonymous said...

waduuhh.... kalo aku yg dapet peraturan kayak gitu bisa2 aku apdet blog sebulan sekali dech. hihii

Zubia and Yusuf's Mom said...

wah, jadi kena juga nih saya:-D Tapiii, masih 'ndak terbengkalai' tugas ynag lain, insyaAllah hehehe.
eeeh..apa terbengkalai yaaa??? *lho!*

Anonymous said...

Bener buuu...kl ga ada rulesnya, bisa bablasss.urusan anak dan suami berantakkan gr2 nakring terus di depan kompi. plus, blog sama buku diary itu beda banget, kl buku penginnya diumpetin, kl blog maunya semua org tahu...so musti ht2 jaga yg deep secret.

Anonymous said...

Mba Lisa sayang, alhamdulillah kalo cerpenku bermanfaat untuk mba. Cerpen itu sindiran untuk diriku sendiri, hiks. Febi termasuk yang 'nyandu' ama blog, jadi harus sering memperbaiki niat, hiks.
Setuju ama Uppa, bahwa ngeblog itu harus menjadi sarana dakwah, karenanya...gapapa kan kalo kita buwat lay out yang bagus, menarik, tulisan yang baik...harapannya, orang mau berkunjung dan membaca 'cahaya-cahaya yang kita tebarkan' *wink* amiiin...Luv you

-ummi nida-

Hani said...

wah, aku waktu pertama kali nge-blog kok ndak pake ijin dulu ya ama suami...hehehe, tapi aku selalu minta saran tentang postingannku.

cuma suka geleng2 liat rekening telpon...hehehe

L. Pralangga said...

Bener banget, sama halnya seperti kita punya perusahan koran/penerbitan sendiri ;-)

Mungkin kalau buat saya mah, berbagi pandangan mata, dan keseharian di negara yang sedang bangkit dari 14 tahun konflik internal yang membuat segala lini kehidupan porak-poranda.

Salam kenal & salam hangat dari Monrovia, Liberia - West Africa!

CameLie said...

Hehe...sepakat deh dengan rules-nya Uppa. Insyallah niat kita nge-blog untuk ke arah kebaikan, menjadi wasilah saling mengingatkan..:)

.:from desert with Love:.

Anonymous said...

Ide menarik juga niih... Saya belom sebulan ikutan ngeblog, jadi terinspirasi. Suami sih belom tau aku ngeblog... he..he... Salam kenal!!!