Macem-macem aja... hari sabtu kemaren di Cochin, semua supir autorickshaw (baca: bajaj) pada mogok. Gara-garanya pemerintah mewajibkan mereka pasang meteran di auto mereka. Ini berarti penurunan penghasilan bagi mereka. Karena emang argo Auto ini kecil sekali, sedangkan suku cadang dan harga bahan bakar mahal (bensin di India harganya hampir 5 kali harga bensin di indonesia). Walaupun aku setuju dgn pemasangan meteran (murah seeh..) tapi kasian juga sama para pengemudinya. Sebetulnya tarif yang mereka patok tanpa meteran pun udah murah. Jadi mesti gimana dong...
Ngomongin soal Auto... dibandingin sama bajaj indonesia banyak banget perbedaannya. Bajaj indonesia rata-rata kondisinya udah jelek banget sampe2 kalo turun badan jadi ikut bergetar :p
Autonya india itu bagus-bagus... mesinnya pun halus... tenaganya kuat... dan penampilannya rapi. Bayangin aja... waktu itu aku sama suamiku pernah tamasya naek auto ke daerah pegunungan. Sampe sekitar 35 kilo dengan jalan yang menanjak dan berliku-liku di dalam kabut (duile..) Gak kebayang kalo pake bajaj indonesia... Mana kuat...
Kalo Bajaj sendiri di India itu brand yang cukup populer. Perusahaan gede. Selain bikin auto.. main bussiness mereka itu motor (two & three wheelers gitu..), auto finance, engineering products dan eletrical products. Kualitasnya juga bagus... Nggak nyangka, dulu waktu di indonesia kan kalo nyebut bajaj yang kepikiran cuma kendaraan roda tiga yang kita gak bakalan tau kapan belok kapan berentinya..hehehe...
2 comments:
cheche berkata : wah mba mba itu bajaj nya kok keyen amat seh kek bukan bajaj hihi tp kalo itu ada di indo bajaj paling keyen kale se indo huehuehue ;d
Di Indonesia, di Jl Mayor Oking Cibinong-Kab Bogor, sebenarnya sdh ada pabrik perakitan Bajaj. Sama kerennya dg yg di foto itu. Tp entah kenapa, Pemda DKI malah meloloskan Kancil (roda empat) ketimbang Bajaj yg lebih bagus itu.
Salam kenal,
Tian Arief
ayah Fay
Post a Comment