Wednesday, September 28, 2005

Pet Name


"What's her name?"
"Nasha"
"How do you call her?"
"Nasha"

Saya selalu memberikan satu jawaban untuk dua pertanyaan diatas. Memang begitulah saya memanggil Nasha. Buat saya, memberi sebuah nama pada anak salah satu tujuannya ya buat memanggil anak tersebut.

Tapi jika pertanyaan itu ditujukan buat orang India... kemungkinan besar kita akan mendapat 2 jawaban yang berbeda. Orang India, walau tidak semuanya, memang senang sekali memanggil anak-anak mereka dengan pet name. Bukan sekedar panggilan seperti Bang, Kak, Mbak (untuk anak yang lebih tua), atau adek, dede (buat anak yang lebih muda), neng atau mas (berdasar jenis kelamin). Bukan juga panggilan yang diambil dari kependekan nama seperti Aditya menjadi Adi, Amelia menjadi Meli dsb.

Pet Name di India biasanya benar-benar jauh berbeda dengan nama yang sebenarnya. Biasanya memang Pet Name diberikan ketika anak-anak masih berumur balita, ketika mereka sedang lucu-lucunya... Toh kenyataannya, panggilan tersebut tetap melekat sampai mereka dewasa. Malahan seringkali orang menjadi lebih mengenal seseorang dengan nama kecil itu dibanding nama asli yang tentu saja lebih indah dan bermakna.

Seseorang dengan nama Mumtaz misalnya, bisa saja mempunyai nama kecil Pullu. Atau Danesh menjadi lebih dikenal sebagai Laddoo. Mau tau Pet Names lain yang umum kita dengar di India ....? Dinku, Tinku, Daboo, Kuckoo, Chikoo, Cochikoo, Kuttu dan sejenisnya (biasanya merakhiran bunyi 'u'). Saya malah pernah mendengar seseorang (saya lupa siapa ;-p) menmanggil Nasha dengan Nashu...!!!

Aktris Bollywood Kareena dan Kharisma Kapoor terkenal dengan Pet Name mereka: Lolo dan Bebo. Bahkan aktor "gagah" dan berbadan kekar seperti Hrithik Roshan (saya gak menganggap dia gagah lho.. hehehe) memiliki panggilan Duggu..!

Bagaimana anda memanggil anak-anak anda..? Hehehehe...

22 comments:

oetjy said...

yep nama anak gue SAFA ELSA jadi dipanggil ANU... nasib... nasib, jadi anak india. huehehe...

Anonymous said...

Hihi lucu2 pet name-na. Terus darimana munculnya pet namenya, kenapa bisa duggu, balloo dsb. Apakah dikaitkan dengan kebiasaan si anak misalnya atau hanya sekeluarnya aja? dan kenapa musti U hihi...unik

Rahmi Sukma said...

Kekekkkk... lucu juga Pet Name di India ya. Kalo dari keluarga Uppa gag ngasih pet name buat Nasha? Ato Uppa punya pet name gag waktu kecilnya dulu? He...he... Trus- trus apa pet name itu ilang pas dia dah gede? *eiiit banyak amir neeh ptanyaannya!*
Kalo panggilan Mas, Kak, Neng di kita mah ampe dianya gede juga masih dipanggilin gitu kan....

Anonymous said...

weeeiiii...qiqiqiq...lucu juga ya kebiasaan orang india.
Trus artinya apa aja tuh Lis? bukan berarti = nama2 binatang kaaan?

--ummi nida--

Anonymous said...

bangun tidur ku terus komen..:p iya lis, anak anak indihe emang pet namenya lutu lutu, temen opal namanya uditya, dipanggil dinko, akshit jadi aki hihihi..
kalo pet name opal di sekolah? gopaaaaalllllll hehehe.. bisa aja orang india maaahh..

Anonymous said...

kalo aku panggil anakku sama aja Lis, paling2 ditambah dgn sebutan nduut rai, walo skr dia gak segendut dulu tp rasa gemesnya masih sama.

nama panggilan di india unik bgt yah, nama panggilan uppa apa dong..hi..hi.. * mo tau aja ya..*

erfi said...

Lucu² pet name-nya.. kalo emang yg sering dipake pet name knp ngga dari dulu aja ya dinamain itu.. kasian kan nama asli-nya malah ngga kepake... atau pet name itu cuma untuk kalangan keluarga dekat aja..?

Contoh-nya nih.. gw karena anak paling gede selalu dipanggil uni (kk perempuan dlm bahasa minang). Nah itu keterusan sampe sekarang.. tp cuma untuk kalangan keluarga aja.. teman² tetap manggil Erfi.

Kalo Izqa sih ngga ada pet name khusus... gw sering manggil dia nak, neng, sayang.. tergantung mood mama-nya aja... hehehe

Anonymous said...

hwehehehe..ada2 aja ya? tapi di daerah mung jg panggilan beda banget sama nama asli :D nama mung aja di ambil dari murtafiah, jadinya mumung, trus klo org namanya nur, jdnya nung, ehhh yg lucu lagi, klo ada yg namanya ida, jadinya idok ! hhmm...laen ladang laen belalang...laen negara, laen jg dah cara2nya ,...btw, dikau dipanggil apa di india sa? bablu kah? *kaburrr...* heheheheh

Anonymous said...

Ih ada2 aja, tapi suamiku juga kadang2 manggil anak-anak dengan nama2 aneh.. cuman berubah2 gitu, saya sih so far, no problem.. lagian kagak ngerti artinya :D

Anonymous said...

Aneh2 aja nih org India :D gue mah manggil David biasanya Dave, nak, atau sayang. Emang bener deh kalau yang Lisa bilang nama panggilan kecil bisa kebawa2 ampe gede, contohnya aja suami gue nama aslinya Hermawan nah sekarang panggilan dia mas Edo, dari mana yah edonya?? Ada-ada aja :D

Anonymous said...

lucu juga ya kebiasaan org india. kalo jadi si dudul gimana ya? :)

Anonymous said...

wah Lis, kebetulan gue baru mo post ttg nama :D.

yup.. gue pernah denger yang ttg pet name "Bebo"-nya Kareena Kapoor. trus kayaknya orang India demen nama panggilan yg belakangnya U ya? kayak Aishwarya Rai sering disebut Aishu, Sonia jadi Sonu, dst.

Naila, paling sering gue panggil "eN" atau "neng" :D

si inot said...

lucu ya kebiasaan di tiap daerah or negara. anakku namanya nienke tapi suka aku panggil sayang si kinyoeng. suamiku namanya marco suka aku panggil komar.hehehe.. met wiken ya lisa..

Akira's Blog said...

HiaaaaaT! Duh... aku gak rela deh klow nama anakku dipanggil kutu! Palagi jadi kutu rambut. Eh, kuttu kan yak? ;)

Nikki mah dipanggilnya Nikki ajah. Kadang ada yg panggil nama depannya, jibril. Dah, itu ajah. KUtu rambut??? hiiiiiiiy

bibipbondry said...

Tante Lisa, Uppa, dan adek Nasha met menunaikan ibadah puasa ya...mohon maaf lahir batin, mama juga suka isengin mama Nasha ^_^

Anonymous said...

salam kenal mamee...dan slamat berpuasa yach....
wah klo pengalaman saya sbb:
+ what's his name?
- Qurratayun!
+ what do you call him?
- Qurratayun!
+ in short??
- Qurratayun!
hihihi inilah 3 jawaban yg selalu saya hadapin mamee.

yaya said...

Mbak...namaku nahria medina.Manggilnya yaya. Gak nyambung kaaan...hihihiih

W said...

aprilisa jadi lisa, masih nyambung yak. tapi aku dari wendi koq jadi jekih? hahahah..

met puasa ya, lis. rame gak puasa di cochin?

Elyn Sigit said...

Lucu2 banget ya namanya, apa ngga risih tuh dipanggil kuttu hihihi...Oh iya Lis, met menjalankan ibadah puasa ya, cerita dong tentang puasa di india :)

eendreey said...
This comment has been removed by a blog administrator.
eendreey said...

udah pernah bilang belon yah.. kalo Naisha-ku tuh namanya Khaerunissa...
tapi bukan pet-name... abis kan dia bukan pet.. dia anak orang.. hehehe just kidding

jengnadnet & isya-ayya said...

lisaa...ini akuu..
maish inget?
nadia..
pet name nya busymom kekekekee..

iya yah..
si isya sekarang panggilannya jadi kakak..
kalo ayya ya: adek..
atau bubu ;-)

gimana nasha lis?