Thursday, September 08, 2005

Indian Bread

Indian Bread yang paling umum di kenal banyak orang terutama di luar negeri adalah Chappati dan Naan. Chappati juga jadi makanan yang umum tersebar di seluruh India. Sebetulnya ada sedikit perbedaan antara North Indian Bread dan South Indian Bread. Yaitu pada bahan baku dan cara pembuatannya.

North Indian

Bahan baku North Indian Bread pada umumnya adalah wheat flour (atta-whole wheat flour). Basic-nya adalah chappati, poori dan paratha. Ketiganya terbuat dari wheat flour yang dicampur dengan air dan sedikit ghee. Perbedaannya terletak pada cara pembuatannya.

Chappati itu dimasak (dipanggang) diatas tava (wajan datar) tanpa menggunakan minyak. Sedangkan Poori digoreng di dalam minyak yan panas. Paratha memiilki sedikit perbedaan saat menggiling... Adonan yang sudah dibulatkan, ditipiskan setipis-tipisnya.. kemudian digulung lagi menjadi bulatan.. baru ditipiskan berbentuk bundar seperti chapati. Hasilnya menjadi berlapis-lapis. Pada saat memanggang juga dibubuhi sedikit minyak atau ghee. Dari Basic Bread ini kemudian berkembang macamnya. Adonan Chappati ada yang diisi dengan potato masala (Aloo ka Paratha). Caranya adonan ditipiskan seperti biasa, terus diisi dengan potato masala, dibulatkan lagi.. dan digiling tipis lagi... baru dipanggang. Ada yang diisi Onion, Telur, Paneer dsb.. tergantung selera.

North Indian Bread yang paling populer ya Naan (banyak yg tanya kaan..? hehehe..). Naan bikinnya pake all purpose flour (tepung terigu) yang dicampur dengan curd (yogurt), telur, dan baking powder. Bentuknya biasanya nggak bundar, tapi lonjong dengan ujung meruncing. Cara masaknya dipanggang dalam oven. Naan ini juga banyak variasinya.. Pada saat memanggang, ada yang ditaburi Onion, Coriander leaves, chasew nut, kismis dll...

Yang ngetop lainnya adalah Roti. Jangan dibayangkan kaya' roti di Indonesia yah... Roti jenisnya ada Rumali Roti. Bahanya terigu campur air dan ghee, terus ditipiskan dan (banting dan lempar diudara.. heheh) setipis-tipisnya mirip kulit martabak telor. Nah yg istimewa.. cara masaknya dipanggang di atas wajan yang dibalik (cembung). Sesudah matang penyajiannya dilipat-lipat. Jenis lain Tandoori Roti. Bikinnya pake wheat flour, ditipiskan seperti chappati, trus cara masaknya ditempelkan di dinding tandoor sampai timbul bercak-bercak hitam dipermukaannya.

South Indian

Bahan baku South Indian Bread yang paling umum adalah beras baik berbentuk butiran atau tepung dan kelapa. Untuk makanan sehari-hari, selain chappati, poori dan paratha, ada banyak pilihan yang bisa dibuat. Di south India.. Paratha (di sini disebut Porotha) biasanya dibuat dengan menggunakan tepung terigu. Cara bikinnya sama.. adonan ditipiskan seperti kulit martabak, terus digulung menjadi bola.. dan ditipiskan. Bentuk (berlapis-lapis) dan rasanya sama dengan roti cane (di india sendiri gak ada yg tau kalo ditanya roti cane hehehe).

Karena saya tinggal di South India, jadinya saya lumayan familiar dengan berbagai jenis dan cara pembuatan South Indian Bread. Kalo menurut saya banyak sekali kesamaan dengan makanan yang kita buat di Indonesia. Berikut ini macam-macamnya :

Pathiri pada dasarnya sama dengan chappati. Bedanya tepung yang digunakan adalah tepung beras. Caranya air dididihkan dulu dalam panci, kemudian masukan tepung beras aduk rata. Setelah itu buat adonan... ditipiskan dan dipanggang tanpa minyak. Pathiri ini makanan khas umat muslim. Biasanya jadi hidangan pembuka puasa.

Appam atau orang south biasa menyebut vellappam. Bentuknya mirip kue apem atau kue ape di indonesia. Biasanya orang disini sangat jarang membuat vellappam dirumah.. karena konon pembuatannya susah. Kalo mau makan appam, bisanya mereka pergi ke hotel (rumah makan maksudnya hehehe..). Bikinnya dari beras dan kelapa yang dihaluskan dan difermentasi selama 10 jam. Setelah itu baru dimasak dalam appachatti.

Idiappam bahan bakunya juga tepung beras yang dicampur dengan air panas. Setelah dipukul-pukul dan menjadi adonan yang lembut trus dimasukan kedalam cetakan idiappam yang bentuknya mirip putu mayang. Kemudian baru dikukus sampai matang. Rasanya pun mirip putu mayang hanya saja yang ini teksturnya lebih kasar. Lebih mirip dengan bihun.

Puttu ya sama dengan putu Indonesia.. hehehe.. Gak nyangka ternyata disini ada puttu juga. Bahan baku tentu saja tepung beras yang diperciki air sampai lembab, kemudian dimasukan ke dalam cetakan puttu yang gede banget buat kita yang biasa liat puttu Indonesia yang ramping dan cantik.. hehehe. Bedanya lagi.. disini puttu makannya pake kari. Kalo lagi kepepet banget gak ada waktu bikin kari, biasanya dimakan pake pisang...

Idli atau rice cake. Buatnya dari beras yang direndem 6 jam dicampur dengan Urad Dal (Black Gram) yangjuga direndem. Abis itu keduanya di haluskan sehalus-halusnya... Difermentasi lagi semalem (bisanya idli buat sarapan). Paginya dimasak dengan cetakan idli dan dikukus sampe mengembang. Temennya biasanya sambar, coconut chutney dan pickle.

Dosa menjadi makanan asal South India yang ngetop di seluruh penjuru India. Bahannya sama dengan membuat Idli, kadang ditambah dengan nasi matang yang dihaluskan. Setelah difermentasi sampe 10 jam... Dosa siap dimasak. Caranya adonan yg kental di tipiskan di atas wajan dosa yg terbuat dari batu atau besi yg tebal.... Dimasak sampe benar-benar kering dan crispy. Penampakannya mirip banget sama D'Crepes... Makanya saya dulu niat banget kepengen nyobain.. ternyata rasanya asaaam.. hehehehe... Dosa biasanya dihidangkan pagi hari atau sebagai snack. Karena ngetop banget, dosa variasinya jadi macam-macam. Diisi dengan bebagai macam isian: kentang, bawang, telur, tomat dsb.... Dosa stall di depan supermarket langganan saya menyediakan dosa dengan 36 variasi rasa..!

Uttappam dibuat dengan adonan dosa. Bedanya, Uttappam tidak dilebarkan dan ditipiskan sepeti dosa, tetapi berbentuk bundar dan tebal. Diatasnya ditaburi Onion, Corriander leaves, dsb. Setelah satu sisi matang kemudian dibalik (sisi yang ditaburi bawang) dan masak sampai matang. Sekarang variasi Uttappam juga bermacam-macam.. ada yang ditaburi capsicum, paneer dsb.

Nah, selain bermacam-macam jenis yang disebutkan itu, untuk sehari-hari, terutama sarapan, kadang-kadang orang south india suka bikin appam yang gampang saja. Dari beras atau wheat yg direndam dan dilauskan bersama kelapa. Kemudian dipanggang tanpa minyak dalam wajan tanah liat. Persis sama dengan kue serabi yang sering kita beli dipinggir jalan kalo abis subuh. Tapi tentu saja disini temannya kari, bukan kinca....

29 comments:

Anonymous said...

Lis, mau dong resepnya puttu ama idli :D, oh ya sy juga suka beli Upma, pernah nyoba bikin (yang instant) tapi bedaaaaa banget.. Lisa punya resepnya gak ?? ditunggu lho ;) happy weekend yaa, sun buat Nasha

Keluarga Zulkarnain said...

Wah...looks delicious..:D

Kalau roti canai masuk yang golongan mana nih?

erfi said...

Wah Lis, ternyata jenis roti India itu banyak yaa.. gw taunya cuma roti Cane doang hehehe.. tp kalo org India sendiri ngga tau roti Cane itu apa, trus dari mana dong asal roti tsb..? *bingung*

So, sekarang udah jago dong bikin bermacam² roti tsb Lis. Kalo ntar pulang ke Jkt mau dong dibuatin ;)

Met wiken Lis, sun sayang utk Nasha *mwuah mwuah*

oetjy said...

waahh lengkap bow!

bibipbondry said...

waaaaaa ngiler nih Lis, postingannya slalu bikin laper kalo soal makanan, baru tahu juga kalo kata2 apem (jawa) dari india ya...appam??? Paling doyan ma naan tuh Lis..enak banget anget2 ma curry ya...

W said...

ngilerrrrrr!! ke sini donggg, bikinin lis, hehe..
aku cuma pernah coba yg pake terigu, susu, telur, dan ragi, trus ditipisin dan digoreng pake minyak sampe glembung2. nah itu apaan tuh namanya, hehe.. resepna dpt dari orang turki.
enakkkk! apalagi baca ceritamu, bisa ditambahin macem2. jadi semangat nihh.

Anonymous said...

Lis, bikin ngiler ah. Kita berdua paling suka makanan India. Roti canai apa dari India ya? kok gak ada di sini? atau chappati = roti canai?
Besok mo ke rest India ah gara2 baca postingan ini, jadi kepingin.

Anonymous said...

eh maaf kurang teliti bacanya ttg roti canai. oh ternyata memang krg dikenal di sana. Di Malaysai banyak skl warung2 India yg terkenal dgn roti canai nya. Tapi saya lihat di toko India disini (UK),paratha mirip2 roti canai bukan chappati yg saya tulis diatas.

danty said...

banyak juga ya macamnya roti india, keliatannya juga enak2 kalo disini yang paling sering ketemu cuma naan, paratha ato cane yang lainnya bener2 baru tau sekarang

Anonymous said...

hihihi.. gw cuma tau naan sama chappati doang lis. di deket tempat gw ada tuh yang jual chappati trus diisi sama cincangan daging, bawang bombay, capsicum sama masala trus digulung.. adoh, enak banged dah.
salam buat nasha yak, sorry gak sempet ceting lagi sibuk ^-^

Lia said...

aihhh diantara yang banyak itu belum satupun saya pernah nyoba hihi kasian deh saya...tapi setelah liat disini jadi merasa wajib nyoba nih...penasaran :)

Jackie said...

Hi orang baru nih yang begitu mampir langsung ngasih komen karena begitu lihat makanannya... hmmmm soalnya keinget waktu di Sri Langka 2 bulan yg lalu, tiap hari selama 2 minggu makannya dosa, nan dll sampai-sampai kaget sendiri kok ada yg bau nga enak sih... pdhl nga ada org selain sy disitu. O'ooooo ternyata rempah2nya yg kuat membuat aroma badan sy jd bau menyengat, bukan bau keringet tapi sesuatu yg beda deh nga bisa dijelasin. Mungkin kamu tahu yah apa maksud sy.
Biar gitu sy kangen kesana lagi.
Salam kenal yah, mampir yuk ke tempatku.

Akira's Blog said...

Eits... ternyata jenis roti di India buanyak ya.
Kayaknya enak2. Trus, ituw kok ada beberapa yg mirip (atau malah sama) dengan di Indo yak?

Ape-nya Indo mah ijo biasanya kan yak?

Anonymous said...

kalow aku inget dulu di singapore sarapan ama roti pratha plus susu kental manis.. hehehe... swamikuw tuh yang ngajarin.. :D

Lili said...

enak semua nih. bingung pilih yg mana. Apalagi makannya pakai KAre..yam yam

Anonymous said...

wooow saya suka roti india Lis... tapi gag tau namanya, keknya sih chappati deh. Enak kalow dimakan sama kari atow tika.

eh saya juga suka papad, masup ke roti juga ga tuh?

Anonymous said...

Lisa, keterangannya menarik banget... makasih ya, jadi banyak belajar. jadi tau juga di India selatan ada putu & apem :).

tadi aku tunjukin juga ke temenku yg bareng2 ke India. dia juga asik bgt bacanya :D

House of Covenant said...

itu foto rotinya koq bisa banyak.. dikau survey dari rumah ke rumah ya Lis hi..hi..

Liana said...

Wah Lis, lagi ngomongin kue. Salah jam baca neh! mustinya baca postinganmu kalo dah kenyang, jam segini lagi luaper2nya disuguhin makanan, kan jadi ngecesss hik*

nama kue "dosa" wah asal yg makan gak gak berdosa aja hihihi...itu yg satu itu mirip kue cucur... apa tadi namanya idli atau apa tuh? lupa deh! hehehe

si inot said...

duh duh... enaknya... kalau beli verse pasti lebih enak lagi yach.. hebat banget studie perotiannya lis. bisa buat artikel loh dirimu... ati2 denger2 banyak yang nyuri artikel dari para blogger u/ dimuat di koran online or majalah biasa...

Elyn Sigit said...

ternyata di india rotinya macem-macem ya. Pengen deh Lis bikinin ya kalo mudik :)

Anonymous said...

lisa..pa kabar??kangen..lama gak berkunjung...

lis...udah jago buat roti yang model apa lis??buanyak banget macemnya...bukannya rasanya ampir sama?kalo bahan dasar itu2 juga? :P

-ari-

Jackie said...

Thanks yah udah berkunjung. Ada resep2 makanan india yg gampang nga? kangen nih mau makan lg.. habis doyan banget sih.

Anonymous said...

Wah Roti India enak enak yah kapan yah Mela , mami dan papi bisa ke India...

Anonymous said...

salam sayang dari Mela
Rotinya kirimin mela dong He..He..He...

BundaZidan&Syifa said...

sip
lengkap banget
makasih yaaaaaa

Sweet Jaan said...

Iya, idli dan dosa emang rasanya asam, karena difermentasi dengan blackgram atau orang kerala biasa menyebutnya Uzhunnu. Sedangkan apam, sama halnya seperti di Indonesia, rasanya hanya asam yang berasal dari kelapa yang didiamkan selama berjam-jam, tanpa menggunakan gula.

henan said...

wah infonya bagussss. jadi tahu perbedaan antara india utara dan india selatan. kalau boleh tau di jakarta dimana tempat makan yang ada paratha yang enak. terima kasih

Unknown said...

Roti canai itu aslinya dari Chennai, India. Cuma karena orang melayu membuat kalimat nya jadi mudah,, jadi canai :)