Sunday, December 18, 2005

Kunjungan Presiden Abdul Kalam

Sejak seminggu lalu, jalan di daerah tempat kami tinggal di Thripunithura disibukan dengan berbagai perbaikan-perbaikan. Segala lubang-lubang di timbun, timbunan sampah diangkat, semak yang liar dicabuti, rambu-rambu dan penunjuk jalan dicat baru... dan jembatan yang letaknya sekitar 200 meter dari rumah kami pun mengalami perbaikan... Dibeberapa tempat bahkan dipasang pagar bambu disepanjang jalan yang dicat putih bersih dan rapi. Segala kesibukan ini tentu saja bikin macet jalan yang tidak terlalu lebar tetapi selalu ramai dilewati kendaraan dalam kota maupun antar kota.

Ada apa sih sebetulnya, kok tumben-tumbenan semua dibersihkan. Di setiap ujung jalan dan gang terdapat paling tidak 1 orang polisi berjaga. Ternyata oh ternyata, hari Sabtu tanggal 17 Desember kemarin, Presiden India, Dr. A.P.J. Abdul Kalam akan berkunjung untuk meresmikan sebuah rumah sakit Ayurveda di Thripunithura, tidak jauh dari tempat kami tinggal sekarang.

Ternyata gak di Indonesia, gak di India... sama saja ya kalo ada kunjungan pejabat. Semua dirapikan supaya kelihatan apik. Jalan yang biasanya kotor dan berdebu mendadak jadi rapi dan bersih... Sabtu sore, sekitar jam 6.15 dijadwalkan Presiden A.P.J. Abdul Kalam akan melewati jalan depan rumah kami. Warga sudah sejak sore bergerombol di pinggir-pinggir jalan untuk 'menyambut' kedatangan Presiden. Saya, Uppa dan Nasha sebetulnya tidak berniat untuk ikut nongkrong di pinggir jalan. Sekitar 1 jam sebelum jadwal.. kami berencana keluar rumah, dengan perkiraan jalan belum ditutup. Tapi ternyata begitu kami keluar gang, polisi mencegat kami supaya tidak lewat. Dari pada balik lagi ke rumah.. dan juga karena melihat antusias banyak orang untuk menanti sang presiden... saya jadi bersemangat untuk bergabung dengan gerombolan tetangga saya... hehehehe.

Begitu saat yang dinantikan tiba.... Semua warga yang sebagian besar anak-anak sekolah berdiri sedekat mungkin di sisi jalan... mengharap bisa melihat Presiden. Iringan mulai tampak. Tapi sayang sungguh sayang.... iring-iringan mobil itu melaju dengan kecepatan tinggi. Begitu cepatnya sampai-sampai kami tidak sempat melihat di mobil yang mana Presiden kebanggan siswa-siswa India tersebut berada. Warga tentu saja kecewa. Semua persiapan memperindah jalan yang akan dilewatipun menjadi terasa sia-sia saja. Jika rombongan melaju dengan cepat seperti itu... mana sempat Presiden melihat keindahan tempat tinggal kami saat itu...

A.P.J Abdul Kalam adalah presiden India yang ke-12. Dilantik pada tanggal 25 Juli 2002. Berumur 78 tahun berasal dari Tamil Nadu. Beliau sebenarnya adalah seorang ilmuwan lulusan Institut Teknologi Madras. Sepanjang karirnya, beliau lebih terkenal dengan kiprahnya dibidang pengetahuan. Abdul Kalam dan timnya lah yang sukses meluncurkan beberapa satelit India ke luar angkasa. Pada saat beliau menjabat sebagai Principal Scientific Advisorpada pemerintahan India, India mulai mengadakan tes nuklir Pokhran-II pada tahun 1998, yang membuat India sebagai salah satu negara yang memiliki senjata nuklir.

A.P.J Abdul Kalam sangat populer dikalangan siswa-siswa India. Beliau mempunyai perhatian yang sangat besar dlam bidang pendidikan. Bertemu dengan siswa-siswa sekolah merupakan agenda tetap yang selalu ada disetiap kunjunagn ke berbagai daerah India. Sudah beberapa kali saya membaca berita di koran, beberapa siswa yang mengirimkan surat atau email kepadanya mengeluhkan tentang pendidikan, selalu mendapat tanggapan dan tindak lanjut dari Presiden.

Presiden yang hidup membujang ini juga mempunyai reputasi yang cukup baik dimata warga India. Memiliki pemikiran yang logik dan tidak mengumbar janji. Selama kurang lebih 2 tahun pertama kepresidenannya, Beliau tidak pernah mengadakan tur ke Luar Negeri melainkan berkunjung ke setiap daerah di India. Sayangnya, kedudukan Presiden di India tidak terlalu memiliki 'kekuatan'. Soal-soal kepemerintahan lebih banyak berada ditangan Perdana Menteri, yang saat ini dijabat oleh Dr. Manmohan Singh.

PS: Semalam Uppa baru datang dari sebuah undangan, dia cerita kalo kakak ipar dan boss-nya di kantor yang kebetulan sedang memulai seuatu usaha bisang kesehatan dan kedokteran bersama, kemarin malam sempat bertemu dan berbincang-bincang dengan Presiden APJ Abduk Kalam. Walau Uppa gak ikut bertemu, dia keliatan sangat bangga.... hehehe... Ya iya lah... saya juga bangga pasti kalo sempat bertemu dan berbincang dengan Presiden Susilo... hehehehe

6 comments:

Anonymous said...

dari sisi kultur "menyambut pejabat/bangsawan" emang mirip di Indonesia ya Lis?
gw jg selalu denger kesan2 baik ttg Abdul Kalam selama di India. dia juga presiden India pertama yg berasal dari kaum minoritas Muslim ya?

Lili said...

Alhamdulillah, ada hikmahnya juga..jalan2 yg bolong jadi udah rapih semua...
wah presidennya rambutnya ROCKS banget..he.he.. this is a compliment loh

Anonymous said...

waaa....membujang? gilee...qeasyiqan memajuqan negara...sampe lupa diri sendiri...huebattt....
btw, i miss youuuuu...

bibipbondry said...

eh presidennya okeh juga ya..tante lisa kalo dibilang presidennya gaul boleh gak hehe...
duh sorry nih br maen lagi te..

Anonymous said...

wah seneng dong ya, at least jalanan jadi bagus hehehe
apa kabar lis?

Anonymous said...

selamat tahun baru ya lis, all the best buat lisa sekeluarga:-)