Friday, July 08, 2005

makan tempe yuuuk....

Hehehe... saya ngapdetnya sambil senyum-senyum nih. Soalnya lagi seneng banget. Setelah 2 tahun, akhirnya ketemu juga saya sama tempe. Whuuuiiih....

Bermodal contekan Cara membuat Tempe dari dapur keluarga Cemara dan ragi tempe oleh-olehnya Lily, 3 hari yang lalu proses pembuatan tempe made in cochin dimulai... hehehe. Hari ini, Jumat pagi, dengan deg-degan dan mengharu-biru *hiperbola banged* saya akhirnya mebuka lemari yang sejak Rabu malam diwanti-wanti ke Uppa jangan sampe dibuka... Hehehe.Dan... jreeeng... Jadi loh. Harumnya tempe udah tercium aja... anget banget. Langsung saya cicipi mentah-mentah... bener, ini tempe... hehehe. Joget-joget deh abis itu saking senengnya...

Karena udah gak sabaran banget kepengen segera menikmati hasil jerih payah mencetin kulit kedele sampe jari tangan pada kisut, pagi itu juga langsung bikin tempe tepung. Kan mumpung tempenya masih seger dan anget. Whoaaaah... enaknya, alhamdulillah. Dicocol pake sambel kecap, berhubung mo nyambel, gak ada cabe segar. Ntar malem mo bikin apaan yah... Keknya bikin petis tempe ala bumiayu dulu enak juga... Gak pake sereh gak papa deh. Kan darurat...

Ayo Uci... cepetan dibikin tempenya...


Nambah aah...

Hehehe, bukan nambah tempe tepungnya kok. Berhubung sampe sekarang saya belum sempet mampir-mampir ketempat temen-temen (minggu kemaren Nasha sakit dan kita juga sibuk bolak-balik ke rumah mertua), jadinya diposting disini aja deh. Mudah-mudahan sempet kebaca yak.. :D

Makasih banget ya sama semua komentar di postingan saya terdahulu tentang dowry. Rasanya gak sia-sia saya keringetan ngumpulin bahan... cieee... *ketauan banget gak biasa nulis artikel* hehehehe...

Dowry memang udah jadi kebiasaan disini. Cuma yang perlu digaris bawahi, gak semua arranged marriage berakhir menyakitkan seperti itu. Karena banyak juga yang perkawinannya hepi-hepi aja, bahkan tingkat perceraian di India tidak setinggi di Indonesia. Yang jadi masalah kerena banyak sekali perkawinan yang dilakukan hanya demi dowry.

Saya juga sempet kepikiran adat Pariaman, cuma kayaknya gak ada yang sampe membakar istri kalo gak dipenuhi maskawinnya.. Trus di pariaman juga setahu saya memang menganut matrialisme (lawannya patrialisme, matrialisme kan yak.. hehehe, maksudnya mengutamakan garis ibu gitu)... Jadi suara wanita selalu diperhitungkan. Tapi yang terjadi disini adalah sebaliknya. Umumnya meanantu wanita itu harus bersedia mengabdi pada keluarga suami.

Saya sendiri *sok seleb... hihihi* waktu menikah dengan Uppa sama sekali tidak memberikan dowry. Karena kami berdua sama-sama muslim, dan dalam Islam kan mas kawin itu hak istri. Walaupun sempet juga keluarga saya kuatir soal ini, jadi harus konfirmasi dulu dari awal kepada Uppa. Sayangnya walaupun yang melakukan sistim dowry ini umumnya penganut hindu, ada juga segelintir umat muslim yang 'ikut-ikutan' memberikan dowry kepada pria pada saat menikahkan anak perempuannya. Mereka menyebutnya 'hadiah' . Biasanya berupa mobil.. wuiiih... hehehe. Makanya para pemuka dan organisasi Islam di Kerala giat mengingatkan bahwa dowry bertentangan dengan Islam.

Udahan ah, ntar bosen lagi bacanya... hehehe. Saya pamit mo blogwaking dulu ya.... ^_^

25 comments:

Anonymous said...

hahahaa...kebayang gw gimana hebohnya lo liat tempeh. so, berhub bikinnya suseh kudu irit irit makannya. eh itu tempe segitu porsi anda pribadi ya lis..hehehe..

oetjy said...

huhahaha, gue juga bingung, ly, buanyak banget itu porsi sendiri apa begimana?? kan uppanya masih dikantor??
eniwei, gue yang awalnya paling semangat, ampe sekarang belom nyoba2 bikin juga, kelihatannya masih trauma dulu bikin tahu gagal terus. hehehe. bener tuh dihemat2, say... masukin resepnya dong tempe petis bumiayu....
-mamanya echa-

Rahmi Sukma said...

Dua taon gag makan tempe? Aku juga gak tahan kali yeee... Pantesan hepi banget.... Mat nikmati tempe....

Ririe H said...

Lisss... selamat ya atas keberhasilannya buat tempe :) salut gue :D Sep.... sep... bisa bikin tempe bacem, tempe mendoan, orak arik tempe, terik tempe, dll... selamat menikmati tempe ya Lis :)

Lia said...

Selamat ya Bu...tuh tempenya cantik nian,jadi ngiri...harus segera minta kirim ragi tempe ini mah,disini ada tempeh namanya muahal dan tidak seenak tempe kita doong. Hihi mata Nasha juga demen tuh kayaknya.

danty said...

cantik bener tempenya, resepnya dari kel cemara ya Mbak...
ngiler banget aku geliat tempe begitu...syukur deh disini ada jual tempe, selamat makan tempe yah

Anonymous said...

Lis, aku juga beruntung bisa "nego" nggak perlu pake adat Pariaman, padahal Abang kan Pariaman asli :D.

Iya nih rumah kita abis dicat :D. Warnanya ngejreng banget, lagi centil nih :P. Payah ya, gue kok makin tua makin centil..

Lili said...

Selamat yah Lis, berhasil bikin tempe sendiri, salut.
Ummi ajah bisanya cuman beli doang..he.he..
Mau dong cocolan sambel kecapnya...nyum...nyum...

Jadi lama gak nge-blog bertapa bikin tempe yah?..hi..hi..

W said...

hebat euuuyyy tempenya jadi. duh bikin ngiler tu tempe goreng tepung sama cocolan. slurrrpppp!!
wah lu bisnisin aja lis, tempe made in cochin. hihi..

Anonymous said...

lisaaaaaaaa, pa kabar? duuh maaaaaaf baru mampir lagi, tau kan aku baru mudik, he he he

btw, ikut bersukacita atas keberhasilanmu membuat tempe:D

--febi@Spore--

Anonymous said...

waktu kapan itu, hawanya pegunungan yg kamu ceritain berasa euy.., skrg angetnya tempe berasa jg euy.., jadi laper..(tulisanya bagus siii..) :)

Pipin said...

hwaaa... tempeee... mau dong, mauuuu...

saya cuma pernah sekali berhasil, setelahnya gagal dan gagal terus... hiks! tapi nggak putus asa kok, subapak sih, bukan saya... hehe...

ssst, bagi dong tempenya... *sambil kedip-kedip*

Anonymous said...

Lama gak maen ke blog mbak Lisa..ternyata ada suguhan baru : Tempe :) Selamat ya..dah berhasil. Tinggal di negeri yg jauh membuat mbak Lisa kreatif. Saya aja gak kepikiran mbak..bikin tempe ndiri **malu mode**

Anonymous said...

Hebat euy... bikin ndiri.... Lis, aku toh seneng masak, tp kl bikin tempe... wah mending minta tolong kamu aja yah.... hwakakakaka... ribet bet...hihihi. My Dad dulu kan distributor tempe... jdnya kenyang deh lihat bikin tempe...hehehe

Unknown said...

hebat nih mbak Lisa bisa bikin tempe ndiri, klo' di cochin gak ada yg jual mending mbak produksi kecil2 sapa tau bisa jadi duit n' berkembang jadi besar...

Nasha dah doyan tempe??

Elyn Sigit said...

Lis tempenya banyak gitu ntar busuk lho, eh tapi oseng kangkung dicampur tempe bosok enak lho hehehe... wah swmiku kapan2 aja ya nongol ngga pede habis tidak secakep nicolas saputra sih :P swami kebetulan orang pbg juga tapi asli magelang.

Anonymous said...

tempenya cantik amaaaadd... berhasil total tuh yah. dan itu tempe tepung plus sambal kecapnya, mmmmhhh..

jadi tertarik untuk bikin nih... :)

Anonymous said...

hehehe.. gak tau tuh ortunya Abang langsung OK2 aja pas dibilang, acara mo diadain di Bandung pake adat Jawa. di Jkt (di tempat ortunya Abang) cuma syukuran aja..

mamak2nya Abang tuh sempet keberatan juga awalnya. tapi yaa.. kita maju terus pantang mundur. yg penting kan ortunya :P

Liana said...

Wuihhh, hebat! bisa bikin tempe sendiri? gimana atuh caranya bu? kasih tau dunk! jadi penasaran jg neh! selama ini taunya beli doang.
heehehehe....lucu bacanya:) kangen bgt ama tempe neh critanya:) emang sih enak:) Nathan jg doyan.

Hihihii...foto Nasha lagi menatap tempe itu lucu nian huhehehe...lucuhhhhh bgt!

ok deh, have a nice wiken ya:)

oya, satu lagi neh (hampir lupa), aku kerjanya yg ditomang, kalo tinggal mah di pamulang Bu, jauhhh... ntar kalo pulang, bole dong Lis maen ke kantorku, sekalian pilih2 lantai kayu hahahaha....

House of Covenant said...

wah..jerih payahnya hebadh banget yah demi sepiring tempe goreng hi..hi.. aku gak pernah kebayang tuh bikin tempe sendiri.

salut Lis.. emang kalo tinggal di negeri orang suka ngidam makanan indonesia yah, padahal kalo disini tinggal beli di tukang gorengan he..he..

Nasha udah dikasi tempe gorengnya blom, kalo si rai doyannya tempe bacem.

Akira's Blog said...

Hore...hore.... **ikutan lonjak-lonjak** akhirnya berhasil juga makan tempe. Wuahaha... siip deh. Kayaknya tinggal di LN emang nuntut jadi kreatip yak.

Anonymous said...

wah, tempe, makanan kesukaan ku lis:-) selamat makan tempe:-)

Anonymous said...

kebayang gimana bahagian dan senengnya dirimu lis berhasil buat tempe..keinget aku dulu jgua gitu..:D

tapi sejak ada tokoindonesia di isni...udah gak semangat bikin lagi..udah kapok kupas2 kedele...

btw ada sebulan ini aku gak maem tempe sejak ngungsi..hiks..hiks.jadi pengen

berbahagia deh di indo yang bisa tiap hari maem tempe juga tahu enak..;)


-ari-

Anonymous said...

Waw tempenya cantik benar...saya bikin gagal ..sampai tempe bau amoniak...gimana cara nyimpannya dan sekali bikin berapa banyak ?
Gisela-France

Anonymous said...

bagaimana nak buat tepung tempe ni....kak lisa oiii

Saya kepingin sangat nak makan tempe ni...di NZ tak ada orang jual tempe.

eda, malaysia (roheida2002@yahoo.com)